MEMPERBAIKI TUNER TELEVISI

Bagaimana ciri – ciri kerusakan pada Tuner TV ? Coba perhatikan pesawat TV anda, apakah masih ada sedikit saluran yang masih terlihat atau tidak , dengan cara berpindah-pindah saluran  terus lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Anda masuk ke MENU lalu ke mode CARI  Manual / Semi Auto dan bukan Fine Tuning.  Lakukan SEARCH dan amati apakah ada saluran atau siaran yang dapat terkunci, bila tidak ada  (siaran terlihat terus lewat tanpa berhenti terkunci) maka kerusakan ada di komponen Trafo IF ( 6019, 498U, Eo8L, 9074 dll). Bila siaran berhenti atau terkunci dengan baik maka kemungkinan besar atau bisa dipastikan Tuner rusak.
  2. Apabila setelah pergantian IF sudah benar, dan siaran TV sudah terisi penuh, matikan TV minimal 1 jam. Setel kembali, perhatikan apakah siaran tidak berubah dan tetap bagus seperti pada saat proses SEARCHING , maka Tuner tidak mengalami kerusakan. Dan bila ada sedikit perubahan warna atau suara (terjadi pergeseran), berarti Tuner mengalami kerusakan, gantilah Tuner dengan yang baru
  3. Komponen Tuner tidak berjalan sendiri. Pastikan  tegangan catu pada Tuner adalah normal.  Cek TeganganVCC ( 5V/9V/12V) dan tegangan Tuning (33V stabil), serta tegangan AGC (normalnya sekitar 50-75% dari tegangan catu).
  4. Jika terjadi kerusakan pada komponen IF dapat menyebabkan TV tidak dapat mengunci.
  5. Jika terjadi masalah pada tegangan 33V menyebabkan pergeseran siaran.
  6. Jika terjadi masalah pada IC program (Mikrokontroller) pun bisa menyebabkan tuner tidak bekerja karena setelan besaran tuning ada pada IC program (Mikrokontroller).

~ oleh gmelektronika68 pada 7 Oktober 2010.

2 Tanggapan to “MEMPERBAIKI TUNER TELEVISI”

  1. nyontek….

  2. Ok mkasih atas info nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: